sosial

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 13 Oktober 2013

Bom Tsar Bomba, bom terbesar yang pernah dibuat

Big Ivan atau dikenal Tsar Bomba memiliki kekuatan 57 megaton. Bom tersebut sebenarnya dirancang untuk 100 megaton, tetapi disainnya diturunkan ke kelas 50 megaton TNT. Raja bom ini pernah dibuat oleh Soviet, kekuatan 1.400x dari bom Hirosima dan Nagasaki. 


Beruntung hanya 1 bom Tsar Bomba yang pernah dibuat sekelas ini. Beratnya 27 ton, panjang 8 meter dan lebar 2 meter. Membutuhkan pesawat sekelas TU 95 untuk membawa. Bahkan di lampung pesawat perlu dibuat lubang khusus untuk mengantung bom tersebut di bawah kapal. Untuk meletup, bom tersebut mengunakan 3 tahap, dari tahap pemicu sampai mencapai fase ledakan nuklir.

Bom tersebut mengunakan kode AN602, menjadi bom nuklir terbesar yang pernah di uji coba dan diledakan pada 30 Oktober 1961. Walau bom ini baru separuh dari disain aslinya. Dan tingginya asap ledakan (jamur) ketika di coba, bisa dilihat pada jarak 1000km. Tinggi asap jamur yang ditimbulkan memiliki lebar 64km dan asapnya setara 7x ketinggian gunung Everest. Getaran ledakan bom ini setara guncangan 5.0 SR, tekanan dari gelombang kejut yang ditimbulkan dapat mencapai 300PSI. Ketika dihitung, lebar ledakan mencapai 8km dan gelombang kejutnya mencapai 10,5km. Bila dijatuhkan ke sebuah kota besar, diperkirakan separuh kota akan rata bersih. 

Bom nuklir tidak hanya berbahaya dari kekuatan ledakan. tapi gelombang kejut yang menghembas udara keluar dari titik bom. Sebuah di desa Sverny yang memiliki bangunan dari kayu dan bata terletak 55km juga hancur. Dan desa lain yang jaraknya 100km lebih kehilangan atap, jendela dan pintu akibat hempasan angin yang kuat dari bom. Dampak dari ledakan membuat komunikasi radio terputus selama 1 jam. Satu pengamat mengatakan dia berada pada jarak 270km. Dan merasakan efek panas dari bom ini. Luka bakar tingkat 3 akan dialami oleh manusia walau sudah berada di jarak 100km. Bahkan gelombang kejutnya mencapai jarak 700km dari titik jatuh bom.

Bila dihitung dalam ukuran ledakan TNT. Bom ini mewakili jumlah bom TNT yang ditumpuk setingi 312 meter atau kira kira setara menara Eifel.

Ketika bom dijatuhkan di ketinggian 10.500meter, tapi harus di gantung dengan sebuah parasut untuk memperlambat jatuhnya bom. Untuk menjaga keamanan pesawat pembawa untuk melarikan diri lebih jauh. Bom Tsar Bomba tidak diledakan di permukaan tanah, tetapi diledakan diatas ketinggian 4.000m dari permukaan tanah. Seperti apa letupan jamur dari bom Tsar Bomba, gambarnya dibawah ini. Beruntung hanya satu yang dibuat dan sejak itu tidak pernah dicoba atau dikembangkan lagi oleh Soviet

Gambar di lingkaran kecil dibawah adalah perkiraan gambar dari letupan bom di Hiroshima.



Big Ivan adalah bom nuklir terbesar yang pernah di ledakan. Walau kekuatan untuk uji coba baru separuh dari spesifikasi bom aslinya. Dan Soviet tidak pernah membuat bom sekelas itu. Karena daya hancurnya sangat luar biasa dan bersiko bagi pesawat yang membawa belum tentu pulang dengan selamat. ledakan bom. Bom kedua terbesar pernah dibuat Amerika. Bom B41 memiliki rancangan kekuatan setara 25 Mt. Amerika pernah menguji bom nuklir 15Mt disebut Castle Bravo.

Dibawah ini radius yang dibandingkan dengan sebuah kota di Paris Perancis. Titik kuning adalah lebar api sedangkan batas lingkaran merah daerah kehancuran seluas radius 35km

Luas kerusakan bom nuklir Tsar Bomba dibandingkan kerusakan sebuah kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar